Latest News

Menu makanan sehat puasa

Menu makanan sehat puasa – mengkonsumsi makanan sehat dibulan puasa sangat dibutuhkan sebab selama berpuasa tubuh kita akan kehilangan banyak energi, lemak yang tersembunyi dalam tubuhpun akan dikeluarkan untuk mengganti makanan selama kita berpuasa. Walaupun begitu berpuasa tidak harus menjadikan kita lemas dan kehilangan semangat apalagi malas melakukan kegiatan sehari-hari, justru sebaliknya dengan berpuasa tubuh kita akan lebih terkontrol dari makanan yang kurang sehat. Untuk memcukupi asupan gizi selama berpuasa kita memerlukan menu makanan sehat sehari-hari agar tubuh tetap bugar meskipun dalam keadaan puasa.

Aneka makanan sehat yang dikonsumsi akan membantu kita selama berpuasa. Makanan dengan gizi yang lengkap akan membuat tubuh tetap segar. Buah-buahan adalah salah satu dari aneka makanan sehat yang dibutuhkan tubuh. karena buah merupakan jenis makanan sehat yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang baik untuk dikonsumsi. Rasa manis dalam buah akan membuat kita kembali bertenaga ketika berbuka. berikut ini ada beberapa jenis aneka buah yang layak dikonsumsi selama berpuasa.

1. Kurma

Ya, rasanya siapapun tahu bahwa buah yang satu ini menjadi salah satu ciri khas bulan ramadhan. Buah kurma yang berasal dari Timur Tengah ini disukai hampir seluruh umat muslim bahkan menurut riwayat Rasulullah SAW ketika berbuka hanya memakan 3 butir kurma sebagai makanan berbuka puasa. Kurma kaya akan glukosa yaitu sekitar 75-87 persen. Selain itu kurma juga kaya akan protein, lemak, kalsium, fosfor dan lainnya. Mengkonsumsi kurma ketika berbuka akan langsung menggantikan glukosa yang hilang dari tubuh selama bepuasa. kurma juga baik untuk pencernaan sebab kandungan mineralnya akan cepat diserap tubuh ketika kita mengkonsumsinya. Jadi jangan lupa untuk menjadikan kurma sebagai menu sehat saat berbuka puasa.

2. Pisang

Buah lunak yang satu ini kaya akan vitamin A, B1,B2 dan C sehingga layak dikonsumsi saat berbuka. Pisang juga dapat mencegah dari penyakit asam lambung. Banyak orang mengeluh tidak bisa berpuasa karena penyakit asam lambung atau yang lebih dikenal dengan penyakit maag. Jika anda ingin tetap menjalankan ibadah puasa dan lambung tetap terjaga tidak salah jika memilih pisang sebagai salah satu menu sehat berbuka puasa.

3. Pepaya

Kandungan vitamin C dan A dapat membantu tubuh untuk memecah serat makanan dan memperbaiki sistem pencernaan. Untuk anda yang bermasalah dalam sistem pencernaan ketika berbuasa jadikan pepaya sebagai menu tambahan ketika berbuka dan sahur akan buang air besar anda tetap lancar.

4. Apel

Buah yang terkenal hampir seluruh belahan dunia ini memang layak dikonsumsi, selain rasanya yang manis dan renyah buah ini mengandung vitamin A,B dan C. Apel juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu mengkonsumsi sebiji apel ketika sudah berbuka akan menekan nafsu makan anda agar tidak berlebihan ketika berbuka puasa.

Diantara buah-buahan tadi masih banyak lagi aneka menu makanan sehat yang layak anda konsumsi. Anda bisa menyantapnya langsung atau dibuat jus tanpa gula. Jadikan rasa manis dalam buah sebagai pengganti dari gula tambahan agar tubuh tetap terjaga selama berpuasa.

Berita Terkini @2011

0 Response to "Menu makanan sehat puasa"

BertuahPos.Com