Latest News

Manfaat dan Keutamaan Puasa

Keutamaan puasa – menyambut bulan suci Ramadhan 1432 H ini tentu disambut dengan penuh rasa keimanan dan kebahagiaan oleh hampir semua muslim di manapun berada. Puasa Ramadhan tidak hanya sebagai penguji kesabaran kita terhadap hal yang berbau duniawi tapi juga puasa di bulan ramadhan banyak membawa rezki. Puasa ramadhan adalah salah satu ibadah wajib yang diperintahkan langsung oleh Allah SWT sebagai mana dalam firmanNya dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-
orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa”

Menilik arti ayat Al-Qur’an diatas, jelaslah bahwa puasa adalah ibadah wajib dan memilki fadhilah tersendiri. Puasa itu sendiri terdapat beberapa jenis puasa selain puasa di bulan Ramadhan yang dapat dibaca pada artikel sebelum ini. Fadhilah atau keutamaan puasa adalah selain untuk menahan hawa nafsu dari hal-hal yang membatalkan puasa sekaligu juga mengajarkan kita akan arti hidup sederhana. Keutamaan puasa yang lain adalah meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah sesuai dengan janji Allah dalam surat Al-Baqarah tersebut. Jika dikaji dengan lebih jauh banyak sekali keutamaan puasa lainnya sebab Allah juga mengatakan bahwa puasa ramadhan itu adalah milik Allah dan jika kita melaksanakannya ada dua kesenangan yang akan didapat yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika bertemu Allah SWT bersama dengan amalan puasanya. (dikutip dari hadis riwayat Bukhari dan Muslim)

Manfaat puasa dibulan Ramadhan sangat banyak selain untuk melatih kesabaran kita juga akan banyak menerima pahala dari Allah. Sebelumnya perlu diketahui juga tentang hal-hal yang membatalkan puasa. Manfaat puasa yang kita lakukan bisa menjadi sebab turunnya ampunan atas dosa yang telah kita perbuat dan banyaknya pahala yang kita terima. Karena dibulan ramadhan ini segala kebaikan kita akan dilipat gandakan pahanya oleh Allah. Selain itu puasa juga akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka kelak. Jadi disarankan untuk ikhlas dan tidak mencurangi Allah dalam melakukan ibadah puasa. Fadhilah puasa yang dapat kita rasakan adalah kesabaran yang lebih tebal dari biasanya ini membuktikan bahwa puasa bisa menjadi benteng diri kita dari perbuatan yang dilarang Allah. Dan hal yang menyenangkan dari puasa adalah rasa gembira ketika berbuka atau ketika ramadhan sudah tiba dipenghujungnya. Lalu ketika di akhirat kita dapat bertemu dengan Allah dengan membawa amalan salah satunya adalah puasa dibulan ramadhan.

Oleh karena itu jelaslah bahwa puasa tidak sepantasnya menjadi beban tapi menjadi peluang untuk kita meraih pahala dengan beribadah bersungguh-sunggu dan ikhlas dalam menjalankan puasa. Karena dalam dua belas bulan Allah hanya menyuruh kita melakukan puasa wajib satu bulan saja yaitu bulan ramadhan, itulah sebabnya kenapa bulan ramadhan disebut bulan mulia sebab ada banyak sekali kemuliaan yang Allah berikan kepada kita jika kita mau melaksanakan ibadah puasa ramadhan.

Berita Terkini @2011

0 Response to "Manfaat dan Keutamaan Puasa"

BertuahPos.Com