Latest News

Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat

Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jerawat adalah salah satu dari sekian banyak penyakit kulit yang dapat dialami oleh semua manusia. Sebenarnya apa yang menyebabkan terjadinya jerawat?. Pada kulit kita terdapat kelenjar minyak yang keluar melalui pori-pori kulit dan berfungsi untuk melembabkan permukaan kulit dan rambut. Tapi, jika kelenjar minya yang keluar terlalu banyak akan timbul masalah, apalagi jika ada sel kulit mati yang menempel pada pori-pori dan menyebabkan kelenjar minyak tersumbat, masalah pasti akan muncul yaitu jerawat. Inilah yang menyebabkan kenapa pada tubuh manusia bisa berjerawat. Umumnya jerawat banyak terdapat di muka dan punggung karena pada bagian ini minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya. Namun, jerawat tidak hanya menyerang pada dua tempat tersebut, jerawat dapat tumbuh dimana saja seperti di kepala, leher bahkan bokong (pantat) bisa timbul jerawat. Tergantung pada kondisi minyak yang ada pada tubuh seseorang.

Dilihat dari jenisnya, jerawat ternyata tidak hanya memiliki satu jenis saja. Ada banyak jenis jerawat yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu jerawat batu. Jerawat ini memiliki ukuran yang cukup besar dan mudah meradang sehingga memerlukan penanganan yang serius. Jerawat batu biasa juga di sebut jerawat jagung karena memang bentuknya yang besar seperti biji jagung. Sedangkan nama lain dari jerawat ini adalah cystic-acne, jerawat yang besar sehingga menyebabkan lingkaran di sekelilingnya membengkak dan berwarna merah. Lebih parahnya lagi jerawat batu biasanya akan muncul dalam jumlah banyak di satu tempat, sehingga kelihatan seperti bertumpuk-tumpuk.

Penderita jerawat batu memiliki tanda-tanda / ciri-ciri berikut dibawah ini:

(1) Kelebihan kelenjar minyak yang membanjiri pori-pori,

(2) Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal,

(3) Kulit yang kelebihan kelenjar minyak tidak dapat beregenerasi secepat kulit normal,

(4) Mudah terjadi peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Penggunaan obat-obat jerawat yang biasa tidak akan mempan buat jerawat jenis ini. Memakai scrub pun untuk menghilangkan bekas-bekas jerawatnya tidak akan ada hasilnya. Jalan satu-satunya adalah berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kulit dan bisanya dokter akan meresepkan obat untuk jerawat serta perawatan yang lebih intens agar jerawat batu dapat diobati dan tidak meninggalkan bekas jerawat. Salah satu contoh obat jerawat batu seperti tetracycline atau kortison.

Jerawat jenis lainnya adalah jerawat pasir. Dikatakan jerawat pasir karena bentuknya kecil-kecil dan merata pada bagian tubuh. Jerawat pasir lebih sering menyerang mereka yang masih dalam masa pubertas. Karena pada masa ini akan terjadi berubahan hormon dalam tubuh manusia sehingga menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan minyak yang berlebih. Jerawat pasir lebih sering menyerang wajah dan punggung. Namun tidak tertutup kemungkinan jika jerawat ini dibiarkan wilayah pertumbuhannya akan semakin melebar dan bisa menjadi masalah yang serius.

Penanganan terhadap jerawat pasir tidaklah sesulit jika terkena jerawat batu. Jerawat pasir akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berlalunya masa pubertas dalam diri seseorang. Namun, bukanlah hal yang mengenakkan jika setiap kali bercermin kita akan melihat wajah penuh dengan tonjolan dan berwarna merah. Oleh karena itu, jerawat pasir juga harus diobati. Lakukan pencegahan dengan cara mencuci muka dengan air bersih secara lembut, jika ingin menggunakan sabun disarankan untuk menggunakan sabun khusus untuk wajah. Ingat, jangan menggosok muka dengan keras atau terlalu sering mencuci muka, karena justru akan merangsang kulit sehingga memperparah jerawat. Waktu mencuci muka yang efektif adalah 2-3 kali sehari. Selain itu jangan menyentuh wajah dengan tangan apalagi memencet jerawat dengan ujung jari. Hal ini akan mempercepat peradangan kulit dan bekasnya tidak mudah hilang.

Selain jerawat pasir ada lagi jerawat ringan yang sering disebut dengan jerawat nasi. Ciri-ciri jerawat nasi adalah bentuknya yang lebih besar dari jerawat pasir. Jerawat nasi terjadi karena adanya pori-pori kulit yang terbuka dan ditempeli debu. Bakteri jerawat yang hidup di dalam kulit kemudian berkembang biak dengan bantuan minyak yang bertumpuk. Permukaan kulit akan menjadi infeksi sehingga membengkak dan berwarna merah. Jerawat merah ini akan membesar sedikit demi sedikit, dan jika infeksinya makin parah, akhirnya menjadi matang dan menguning. Itulah kenapa jerawat ini disebut dengan jerawat nasi. Jika jerawat nasi sudah matang dengan sendirinya akan pecah dan mengeluarkan biji berwarna putih kekuningan dibarengi dengan nanah dan darah.

Seperti jerawat lainnya, jerawat nasi bukan hal yang bisa dianggap sepele. Jerawat nasi akan berkembang biak jika dibiarkan. Untuk itu, jerawat ini harus segera diobati. Penggunaan obat jerawat dapat membantu mencegah atau mengobatinya. Ada banyak jenis obat jerawat yang dijual di pasaran. Pilihlah yang sesuai dengan jenis jerawat yang diderita. Untuk kulit yang sensitif sebaiknya obati jerawat dengan cara menjaga kebersihan kulit. Gunakan masker wajah agar pori-pori kulit dapat tertutup. Jerawat nasi lebih cenderung meninggalkan bekas jika kita sering berjemur di bawah matahari. Oleh karena itu hindari sinar matahari sebisa mungkin untuk mencegah jerawat semakin parah. Jika sinar

matahari tidak dapat dihindari, lakukan mendinginan wajah dengan menggunakan es batu. Penggunaan es batu selain dapat mendinginkan kulit juga dapat menutup pori-pori. Gunakana es batu pada wajah yang sudah lebih dahulu dibersihkan. Tempel es batu dan gosok dengan lembut pada wajah. Setelah itu keringkan wajah dengan handuk lembut. Dengan begitu peradangan pada kulit dapat dicegah dan bakteri penyebab jerawat nasi tidak semakin berkembang biak.

Seperti yang telah diketahui bersama dalam tubuh manusia kelenjar minyak tidak hanya terdapat pada wajah saja. kelenjar minyak juga terdapat dibagian tubuh lainnya seperti kepala, dada, punggung bahkan bokong (pantat). Jerawat di badan tidak separah jika tumbuh di wajah. Lagipula jerawat di badan tidak terlalu kelihatan orang lain. bentuknya yang lebih kecil dan Itulah sebabnya kenapa banyak orang tidak terlalu menganggap serius jerawat di badan.

Berita Terkini @2011

0 Response to "Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat"

BertuahPos.Com