Latest News

Menu resep makanan lebaran



Lebaran sebentar lagi...
Itulah sebait lirik lagu yang sering dinyanyikan ketika menyambut lebaran. Dalam suasana tersebut, para ibu-ibu akan disibukkan dengan persiapan Menu lebaran, resep makanan lebaran yang merupakan aneka masakan yang disajikan secara istimewa khusus dihari lebaran. Menu makanan lebaran spesial di hari raya adalah satu hal yang diwajibkan pada hari raya. Karena hari raya idul fitri sering disebut juga sebagai hari kemenangan setelah melewati sebulan penuh berpuasa ramadan, maka tak heran jika pada saat lebaran umat muslim menyambutnya dengan penuh suka cita. Banyak aneka makanan yang ditawarkan untuk memeriahkan hari lebaran seperti kue lebaran, menu makanan saat lebaran dan aneka minuman lebaran.

Di hari raya idul fitri ada beberapa jenis makanan yang kerap dijadikan menu istimewa untuk menyambut hari raya lebaran seperti:

Makanan Lebaran Ketupat

Rasanya siapapun tahu bahwa menu makanan yang satu ini sering dijadikan simbol hari raya idul fitri. Ketupat adalah jenis makanan yang terbuat dari ketan atau pulut yang dibungkus dengan daun kelapa yang berbentuk empat segi. Ada juga orang yang mengisi ketupat dengan beras dan dimakan bersama lauk pauk. Untuk ketupat ketan biasanya disantap bersama rendang daging atau rendang ayam. Cara memasak ketupat juga tidak begitu rumit karena sudah banyak bungkus ketupat yang dijual dipasaran, kita tinggal mengisinya dengan ketan atau beras sesuai dengan keinginan masing-masing.

Makanan Lebaran Rendang

Makanan khas Sumatera Barat ini ternyata banyak diminati hampir di seluruh negeri Indonesia. Ada banyak jenis rendang yang disajikan sesuai dengan daerah masing-masing. Namun keistimewaan rendang tetap terjaga. Rendang daging sering disantap bersama dengan ketupat, cara memasaknya yang memakan waktu cukup lama ini menjadikan rempah semakin meresap dalam daging atau ayam yang
dimasak rendang.

Makanan Lebaran Opor

Opor ayam juga sering disajikan dihari yang fitri. Opor ayam biasanya dimakan bersama lontong yaitu beras yang dimasukkan dalam bungkus daun pisang yang berbentuk bulat panjang. Opor ayam yang memiliki rasa manis ini sesuai sekali disajikan sebagai menu istimewa di hari raya idul fitri nanti.

Makanan Lebaran Lontong

Makanan yang satu ini walaupun sering ditemui dihari-hari biasa namun tetap menjadi salah satu menu lebaran yang banyak dipilih oleh ibu-ibu. Beras yang dimasukkan dalam bungkus daun pisang berbentuk bulat panjang ini dimasak selama lebih kurang 4 jam. Lontong bisa disantap bersama gulai sayur, opor ayam, sambal hati dilengkapi dengan kerupuk atau rempeyek. Ada juga lontong yang dimakan bersama saus kacang tanah, semuanya itu disesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Makanan Lebaran Dodol

Dodol adalah jenis kue yang disajikan saat lebaran tiba. Dodol yang dibuat dari ketan yang dicampur dengan santan kelapa dan gula jawa ini dimasak sampai benar-benar kental dan padat. Cara memasak dodol yang membutuhkan waktu lama menjadikan dodol sering disajikan untuk saat-saat istimewa seperti hari raya idul fitri, acara pesta dan lain sebagainya.


Berita Terkini @2011

0 Response to "Menu resep makanan lebaran"

BertuahPos.Com