Latest News

Wakil Presiden Baru Mesir-Omar Suleiman

Wakil Presiden Baru Mesir baru diumumkan disaat gelombang unjuk rasa masih terus berlangsung. Pengangkatan Suleiman, 74 tahun, menjawan salah satu pertanyaan paling menarik dan terus muncul di Mesir. Siapakah yang akan meneruskan tahta Presiden Mubarak yang kini berusia 82 tahun? Untuk pertama kalinya selama 30 tahun memimpin Mesir, Presiden Hosni Mubarak menunjuk wakil presiden dan perdana menteri. Ini merupakan langkah sangat kontroversial. Mubarak menunjuk kepala intelijen selama dua dekade Omar Suleiman sebagai wakil presiden. Sedangkan untuk perdana menteri, Mubarak menunjuk mantan Kepala Staf Angkatan Udara Ahmed Shafiq.

Penunjukkan itu merupakan langkah besar perubahan pemerintahan terkait meredakan kemarahan puluhan ribu demonstran anti-pemerintah. Presiden awalnya dinilai akan menunjuk putranya, Gamal untuk menggantikan posisi Presiden Mesir kelak. Meskipun diperkirakan pemilihan presiden akan berlangsung akhir tahun ini, beberapa pihak oposisi memang mendukung suksesi turun menurun.

Pengangkatan Suleiman, 74 tahun, menjawan salah satu pertanyaan paling menarik dan terus muncul di Mesir. Siapakah yang akan meneruskan tahta Presiden Mubarak yang kini berusia 82 tahun?

Pertanyaan lain, akankah pengangkatan Suleiman meredakan kekacauan jalan di kota-kota Mesir? Di ibukota Kairo misalnya, penjarahan merajalela dan pelanggaran hukum bagaikan virus yang menyebar cepat. Warga di lingkungan elit pusat kota banyak didatangi gerombolan preman yang berkeliaran di jalan dengan pisau dan tongkat, seperti laporan Huffington Post.
Berita Terkini @2011

0 Response to "Wakil Presiden Baru Mesir-Omar Suleiman"

BertuahPos.Com