Latest News

Status Merapi Hari Ini-Kubah Merapi Terbuka

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM R Sukyar mengatakan, letusan merapi tersebut tidak diikuti gempa vulkanik, tetapi terbongkarnya kubah merapi baru sehingga terbuka jalan bagi magma untuk keluar dari perut bumi. Jadi jika ada letusan tidak akan didahului dengan gempa vulkanik karena sistemnya sudah terbuka, namun kubah yang terbentuk pada 1911 semakin terkikis sehingga semakin rapuh, maka jika terjadi letusan awan panasnya akan mengarah ke segala arah.
Kubah Merapi Terbuka

Sementara itu, Kepala Pusat Mitigasi, Vulkanologi dan Bencana Geologi (PMVB) Kementerian ESDM Surono mengatakan, letusan merapi tidak bisa dipastikan kondisinya, namun ada dua ancaman yang harus diwaspadai kemungkinan letusan susulan dan banjir lahar.


Jika terjadi letusan, pasalnya, kecepatan awan panas atau wedhus gembel mencapai 200-300 kilometer per jam dengan suhu diatas 600 derajat celcius. Awan panas tersebut berbahaya bagi mahluk hidup, saat bajir lahar terlebih saat musim penghujan dapat mengganggu pernafasan dan kesehatan manusia.

Para pengungsi dihimbau untu menggunakan masker dan menjauhi sungai-sungai yang berhulu di Merapi, serta selalu banyak minum air putih.

0 Response to "Status Merapi Hari Ini-Kubah Merapi Terbuka"

BertuahPos.Com