Latest News

Penyebab Jerawat

Penyebab Jerawat - Jerawat secara umum terjadi jika kondisi kulit tidak normal dan terinfeksi bakteri sehingga menyebabkan peradangan pada kulit. Ditambah lagi dengan kelenjar minyak yang mengeluarkan minyak berlebih pada bagian-bagian tubuh adalah penyebab utama terjadi nya jerawat. Bentuk jerawat yang menonjol dan berwarna merah bahkan ada yang bernanah tentu membuat kita merasa tidak percaya diri. Belum lagi rasa sakit yang ditimbulkan oleh jerawat sering membuat kita emosi untuk segera menghilangkan jerawat tersebut. Banyak remaja berusaha mencari tips atau cara menghilangkan jerawat, tetapi sebelum menghilangkan atau melakukan pengobatan terhadap jerawat dilakukan ada baiknya jika kita mengetahui apa penyebab timbulnya jerawat.

1. Jerawat dapat terjadi jika ada lapisan kulit mati yang tidak terangkat sehingga menyebabkan pori-pori kulit terinfeksi.

Setiap hari kulit kita akan terus mengalami pembaharuan dan tentu saja ada sel kulit yang mati. Sel yang baru lahir ini berpindah ke bagian atas lapisan epidermis dan mengganti sel kulit yang mati. Namun, apabila sel kulit mati tidak terlepas sepenuhnya akan menyebabkan penumpukan pada permukaan kulit sehingga menyebabkan pori-pori tertutup. Sel kulit mati yang terjangkit bakteri menyebabkan kulit terinfeksi. Inilah yang menjadi penyebabkan terjadinya jerawat.

2. Adanya produksi kelenjar minyak yang berlebih juga adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa selain memiliki kantong rambut yang menumbuhkan rambut, pada kulit kita juga terdapat kelenjar minyak. Minyak yang dihasilkan kelenjar minyak akan keluar melalui pori-pori. Tapi, jika minyak yang dihasilkan terlalu banyak, ditambah lagi dengan sel kulit mati yang menempel menyebabkan pori-pori tersumbat akan menjadi pemicu munculnya jerawat.

3. Faktor keturunan penyebab timbulnya jerawat.

Ya, salah satu penyebab kenapa kita memiliki jerawat adalah karena faktor genetika atau keturunan. Jika dalam keluarga kita memiliki ibu atau ayah yang mempunyai jerawat hal ini memungkinkan kita pun akan memiliki jerawat. Sebenarnya bukan kita harus menyalahkan orang tua yang telah melahirkan kita. Namun, bisa saja dari pihak ibu atau ayah memiliki minyak yang berlebih. Jadi sebagai anaknya tidak tertutup kemungkinan jika kita juga memiliki produksi minyak berlebih karena faktor keturunan.

4. Masa pubertas yang mengacu pada hormon yang meningkat.

Jerawat umumnya mulai tumbuh saat dimulainya masa pubertas atau masa remaja. Pada masa ini tubuh dan jiwa menjadi dewasa, sehingga produksi hormon gender akan aktif dan banyak mengeluarkan minyak. Terutama hormon androgen dalam tubuh anak laki-laki menyebabkan kelenjar minyak terangsang sehingga mengeluarkan banyak minyak. Inilah alasan kenapa saat pubertas, anak laki-laki jerawatnya lebih banyak daripada anak perempuan. Masa pubertas menjadi hal utama penyebab jerawat.

5. Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Saat ini lingkungan sering kali mempengaruhi seseorang untuk menjadi individu yang tidak sehat. Makanan yang serba instan serta minuman yang kurang sehat menyebabkan tubuh mengalami stress tanpa kita sadari. Jika jerawat yang tumbuh tidak juga kunjung sembuh, ada kemungkinan gaya hidup yang kita jalani menjadi penyebabnya. Oleh karena itu rubahlah gaya hidup yang tidak sehat. Konsumsi makanan yang sehat, cukup tidur serta olah raga teratur akan membuat produksi minyak berjalan lancar sehingga mengurangi timbulnya jerawat.

Semoga anda bisa menghindari penyebab jerawat sehingga tidak jerawatan.

Berita Terkini @2011

0 Response to "Penyebab Jerawat"

BertuahPos.Com