Latest News

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Pernah dengar istilah Jerawat memang bikin gawat? Rasanya istilah ini memang sesuai untuk mereka yang berjerawat, sebab jerawat jika tidak dihilangkan akan merusak penampilan. Gawatnya lagi jika jerawat yang tumbuh adalah jenis jerawat batu yang ukurannya sebesar biji jagung. Tentu akan membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Tidak hanya kaum wanita, para pria pun biasanya akan khawatir jika jerawat yang muncul tak kunjung hilang. Untuk itu di bawah ini ada beberapa tips cara menghilangkan jerawat (acne treatment).

1. Hindari makanan yang berlemak atau berminyak.

Jerawat bisa muncul karena adanya kelebihan minyak pada kelenjar minyak jadi usahakan untuk menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung banyak minyak. Untuk sementara lebih baik mengkonsumsi makanan segar seperti rebusan atau makanan yang di panggang. Selain itu hindari makanan yang terlalu pedas seperti cabe atau merica. Makanan pedas akan memicu pertambahan minyak yang keluar dari kulit wajah. Menghindari makan makanan yang berlemak atau berminyak dapat menghilangkan jerawat yang ada.

2. Bersihkan wajah secara teratur.

Gunakan sabun khusus (special soap) untuk wajah yang memiliki tekstur lebih lembut dibanding sabun badan. Bersihkan wajah sekurang-kurangnya 2 kali sehari, jangan berlebihan sehingga menyebabkan jerawat bukannya hilang melainkan semakin banyak. Anda juga bisa menggunakan susu pembersih wajah (facial cleanser) yang banyak di pasaran. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit sempurnakan dengan penyegar wajah untuk menutup pori-pori kulit.

3. Gunakan masker wajah anti jerawat.

Masker wajah (face masks) berfungsi untuk menyerap minyak berlebih khususnya pada wajah. Penggunaan masker wajah dapat dilakukan 2 minggu sekali. Pastikan wajah dalam keadaan bersih ketika memakai masker. Gunakan masker selama 15-20 menit setelah itu bersihkan kembali wajah anda dengan air dingin. Setelah itu gunakan pelembab wajah untuk menghindari kekeringan pada kulit wajah. Masker ini sangat berguna untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak sehingga dapat menghilangkan jerawat atau mencegah jerawat lain bermunculan.

4. Ketahui penyebab alergi jerawat.

Jika jerawat yang muncul akibat alergi terhadap makanan lebih baik untuk menghindari makanan tersebut. Selain itu kurangi juga mengkonsumsi makanan yang cepat saji. Kebanyakan makanan cepat saji kurang terjamin kebersihannya.

5. Pilih produk anti jerawat yang berbahan dasar air (water-based anti-acne).

Produk anti jerawat memang banyak beredar di pasaran, tapi sebelum menggunakannya pastikan produk tersebut sesuai dengan kulit anda. Produk yang berbentuk cream biasanya memiliki kandungan minyak yang lebih banyak jika dibandingkan dengan produk berbentuk lotion.

6. Perbanyak mengkonsumsi air putih.

Selain menyehatkan air putih juga baik untuk mendorong minyak keluar dari kulit dan membantu memperbaharui sel kulit mati. Sel-sel kulit yang mati ini akan keluar seiring dengan keringat yang keluar dari pori-pori. Air putih yang sehat adalah air putih yang sudah di masak atau setidaknya yang sudah melalui proses penyulingan yang baik. Hindari minuman bersoda serta minuman keras yang akan merusak tubuh serta kulit. Air putih banyak manfaatnya, bukan saja dapat menghilangkan jerawat, tetapi dapat juga menyehatkan tubuh secara keseluruhan (body health).

Berita Terkini @2011

0 Response to "Cara Menghilangkan Jerawat"

BertuahPos.Com