Latest News

Gunung Karangetang Sulawesi Meletus


Gunung Karangetang Sulawesi Meletus - Gunung Karangteng yang berada di Kabupaten Siao Tagulandong Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara akhirnya meletus pada Senin (21/3/2011). Gejolak meletusnya Gunung Karangetang ini sudah dapat dirasakan dengan keluarnya letusan kecil beberapa hari ini, tetapi pada hari senin ini, akhirnya gunung Karangetang meletus dengan hebatnya.

Ratusan warga yang berada disekitar gunung ini masih terisolasi sambil menunggu bantuan yang akan diupayakan melalui jalur laut.

Kepulan awan panas masih terlihat jelas di puncak kawah pada Senin siang ini. Berdasarkan informasi dari warga sekitar sejak pukul 06.00 Wita, gempa guguran masih terus terjadi meski dengan amplitudo yang menurun dari hari sebelumnya. Meski demikian, para pengungsi masih belum dianjurkan untuk kembali ke rumah.

Charles Douhan, seorang saksi saat letusan Minggu kemarin mengatakan, luncuran lahar panas masih terus terjadi di daerah Desa Mini, sehingga masih sangat berbahaya. Sedikitnya 1.108 warga masih mengungsi di Desa Lehi, Kecamatan Siau Barat Utara.

Pengungsi yang kebanyakan kalangan lanjut usia dan anak-anak diutamakan di lokasi ini, sementara itu bantuan berupa beras, tikar, dan sarung sudah mulai berdatangan.

Belum ada informasi yang jelas berapa jumlah korban dan nominal pasti kerugian atas meletusnya gunung karangetang ini.

Berita Terkini @2011

0 Response to "Gunung Karangetang Sulawesi Meletus"

BertuahPos.Com