Latest News

Gunung Sinabung Mengeluarkan Debu Balerang

Gunung SinabungGunung Sinabung - Gunung Sinabung di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengeluarkan debu balerang pada hari Jumat (27/8) sekitar Pukul 20.00 WIB. Gunung Sinabung adalah salah satu dari 2 gunung berapi aktif di Sumatera Utara setelah Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung mempunyai ketinggian 2.460 meter, gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara.

Warga di sekitar Kecamatan Namo menyebutkan, debu berwarna putih bercampur zat belerang tersebut menyembur berulang kali dari kawah Gunung Sinabung hingga radius puluhan kilometer. Beberapa jam sebelum peristiwa itu warga sempat mendengar suara gemuruh di sekitar puncak gunung tersebut.

Intensitas semburan debu bercampur belerang yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Karo tersebut dirasakan mulai berkurang menjelang pukul 22.00 WIB atau dua jam pasca semburan awal.

Kabar dari warga tersebut itu dibenarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan ada aktivitas vulkanik yang terjadi di Gunung Sinabung. Namun, kecil kemungkinan Gunung Sinabung meletus.

Sementara ini, seluruh warga yang berada di Gunung Sinabung diberitahukan untuk memakai masker untuk menghindari kerusakan paru-paru akibat menghirup belerang tersebut.

new breaking news

0 Response to "Gunung Sinabung Mengeluarkan Debu Balerang"

BertuahPos.Com