Latest News

TEKNIK WAWANCARA PEKERJAAN

TEKNIK WAWANCARA PEKERJAAN

Pengertian Wawancara :
wawancara adalah tanya jawab yang terjadi antara orang yang mencari informasi (pewawancara) dengan orang memberi yang memberi informasi (narasumber/responden) dengan tujuan untuk mengumpulkan data atau memperoleh informasi.

Tujuan Wawancara :
  • memperoleh data atau informasi
  • memperoleh bahan opini
  • memperoleh bahan cerita

Jenis Wawancara :
  • Wawancara Terstruktur
    Wawancara terstruktur adalah wawancara yang dilaksanakan secara terencana dengan berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah disiapkan. Wancara terstruktur lebih efektif karena pertanyaan lebih lancar dan runtut.
  • Wawancara Tidak Terstruktur
    Wawancara Tidak Terstruktur adalah wawancara yang dilaksanakan tidak secara terencana atau tidak memiliki atau tidak mempersiapkan runtut pertanyaan.
  • Wawancara Bebas
    Wawancara yang susunan pertanyaannya tidak ditentukan lebih dahulu dan pertanyaan bergantung pada suasana wawancara dan jawaban responden sebelumnya.
  • Wawancara Individual
    Wawancara yang dilakukan seseorang dengan responden tunggal
  • Wawancara KelompokWawancara yang dilakkukan terhadap sekelompok orang dalam waktu yang bersamaan
  • Wawancara Konferensi
    Wawancara antara seorang responden dengan sejumlah pewawancara atau bisa juga seorang pewawancara dengan sejumlah responden pada suatu tempat.
  • Wawancara Terbuka
    Wawancara yang pertanyaannya tidak terbatas jawabannya
  • Wawancara Tertutup
    Wawancara berdasarkan pertanyaan yang terbatas jawabannya.

ETIKA PEWAWANCARA
  • Datang tepat waktu
  • Bersikap sopan, santun, wajar dan ramah tamah
  • Dahulukan pertanyaan yang ringan dan sederhana
  • Bertanya dengan kalimat yang jelas dan singkat sesuai dengan topik
  • Hindari pertanyaan yang bersifat pribadi
  • Memperhatikan bahasa, ragam bahasa, intonasi, mimik, volume, gerak gerik sewajarnya dan pandangan mata ke arah narasumber
  • Mencatat hal-hal penting hasil wawancara dan mengambil kesimpulan
  • Jangan menyela apabila narasumber sedang berbicara, kecuali apabila jawabannya menyimpang yang harus diberitahukan secara baik-baik
  • Selesai wawancara ucapkan terima kasih dan salam.

ETIKA NARASUMBER/RESPONDEN (YANG DIWAWANCARAI)
  • Datang tepat waktu
  • Bersikap sopan, santun, wajar dan ramah tamah
  • Menjawab dengan kalimat yang jelas dan singkat sesuai dengan topik
  • Hindari pertanyaan yang bersifat pribadi dengan memberitahukan kepada pewawancara secara baik-baik
  • Memperhatikan penggunaan bahasa, ragam bahasa, intonasi, mimik, volume, gerak gerik sewajarnya dan pandangan mata ke arah pewawancara
  • Jangan menyela apabila pewawancara sedang berbicara, kecuali apabila pertanyaannya/pembicaraannya menyimpang, hal ini harus diberitahukan secara baik-baik
  • Selesai wawancara ucapkan terima kasih dan salam.

Berita Terkini @2011

0 Response to "TEKNIK WAWANCARA PEKERJAAN"

BertuahPos.Com