TEKNIK WAWANCARA PEKERJAAN
Pengertian Wawancara :
wawancara adalah tanya jawab yang terjadi antara orang yang mencari informasi (pewawancara) dengan orang memberi yang memberi informasi (narasumber/responden) dengan tujuan untuk mengumpulkan data atau memperoleh informasi.
Tujuan Wawancara :
Jenis Wawancara :
ETIKA PEWAWANCARA
ETIKA NARASUMBER/RESPONDEN (YANG DIWAWANCARAI)
Berita Terkini @2011
Pengertian Wawancara :
wawancara adalah tanya jawab yang terjadi antara orang yang mencari informasi (pewawancara) dengan orang memberi yang memberi informasi (narasumber/responden) dengan tujuan untuk mengumpulkan data atau memperoleh informasi.
Tujuan Wawancara :
- memperoleh data atau informasi
- memperoleh bahan opini
- memperoleh bahan cerita
Jenis Wawancara :
- Wawancara Terstruktur
Wawancara terstruktur adalah wawancara yang dilaksanakan secara terencana dengan berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah disiapkan. Wancara terstruktur lebih efektif karena pertanyaan lebih lancar dan runtut. - Wawancara Tidak Terstruktur
Wawancara Tidak Terstruktur adalah wawancara yang dilaksanakan tidak secara terencana atau tidak memiliki atau tidak mempersiapkan runtut pertanyaan. - Wawancara Bebas
Wawancara yang susunan pertanyaannya tidak ditentukan lebih dahulu dan pertanyaan bergantung pada suasana wawancara dan jawaban responden sebelumnya. - Wawancara Individual
Wawancara yang dilakukan seseorang dengan responden tunggal - Wawancara KelompokWawancara yang dilakkukan terhadap sekelompok orang dalam waktu yang bersamaan
- Wawancara Konferensi
Wawancara antara seorang responden dengan sejumlah pewawancara atau bisa juga seorang pewawancara dengan sejumlah responden pada suatu tempat. - Wawancara Terbuka
Wawancara yang pertanyaannya tidak terbatas jawabannya - Wawancara Tertutup
Wawancara berdasarkan pertanyaan yang terbatas jawabannya.
ETIKA PEWAWANCARA
- Datang tepat waktu
- Bersikap sopan, santun, wajar dan ramah tamah
- Dahulukan pertanyaan yang ringan dan sederhana
- Bertanya dengan kalimat yang jelas dan singkat sesuai dengan topik
- Hindari pertanyaan yang bersifat pribadi
- Memperhatikan bahasa, ragam bahasa, intonasi, mimik, volume, gerak gerik sewajarnya dan pandangan mata ke arah narasumber
- Mencatat hal-hal penting hasil wawancara dan mengambil kesimpulan
- Jangan menyela apabila narasumber sedang berbicara, kecuali apabila jawabannya menyimpang yang harus diberitahukan secara baik-baik
- Selesai wawancara ucapkan terima kasih dan salam.
ETIKA NARASUMBER/RESPONDEN (YANG DIWAWANCARAI)
- Datang tepat waktu
- Bersikap sopan, santun, wajar dan ramah tamah
- Menjawab dengan kalimat yang jelas dan singkat sesuai dengan topik
- Hindari pertanyaan yang bersifat pribadi dengan memberitahukan kepada pewawancara secara baik-baik
- Memperhatikan penggunaan bahasa, ragam bahasa, intonasi, mimik, volume, gerak gerik sewajarnya dan pandangan mata ke arah pewawancara
- Jangan menyela apabila pewawancara sedang berbicara, kecuali apabila pertanyaannya/pembicaraannya menyimpang, hal ini harus diberitahukan secara baik-baik
- Selesai wawancara ucapkan terima kasih dan salam.
Berita Terkini @2011
0 Response to "TEKNIK WAWANCARA PEKERJAAN"